Layanan Kami

Margin Trading

Margin Trading

Ilustrasi Singkat Fasilitas Pembiayaan Nasabah

Margin Trading merupakan fasilitas pembiayaan dari Panin Sekuritas yang memungkinkan nasabah bertransaksi saham di Bursa Efek Indonesia melebihi dana yang dimiliki.

Bingung? Simak ilustrasinya ya!
Dodi merupakan investor saham, dia memiliki dana 200 juta rupiah dalam rekening dana investornya yang bisa digunakan untuk membeli saham. Pada suatu hari, Dodi ingin membeli saham dalam jumlah lebih besar dari dana yang dimiliki, namun dana awal yang dimilikinya sudah habis dibelikan saham lain. Dalam kasus ini Dodi dapat menggunakan fasilitas Margin Trading, ia dapat membeli saham yang di mau hingga mencapai limit kredit yang diberikan dengan menjaminkan saham dalam portofolionya menjadi collateral, dalam contoh ilustrasi ini limit kredit yang bisa didapatkan Dodi mencapai 200 juta rupiah. Sehingga Dodi dapat berinvestasi saham sampai dengan 400 juta rupiah tanpa takut terkena suspend buy di T+2 dan forced sell selama ratio yang dimilikinya masih < 65%.

Transaksi Margin hanya berlaku pada daftar saham tertentu yang dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia dan tidak semua perusahaan efek diperbolehkan untuk melakukan transaksi margin kepada seluruh daftar saham tersebut.

Margin Trading di Panin Sekuritas aja!

  • Bunga Margin hanya 16% pertahun!
  • Di Panin Sekuritas nasabah dapat melakukan transaksi ke semua daftar saham yang dikeluarkan Bursa Efek Indonesia karena Panin Sekuritas Memiliki MKBD lebih dari 250 Miliar Rupiah
  • Bebas biaya pemindahan saham

Untuk menikmati fasilitas Margin Trading, anda harus menjadi nasabah reguler Panin Sekuritas terlebih dahulu dan melakukan setoran awal pembukaan rekening margin berupa dana sebesar Rp200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah) atau saham Margin senilai Rp200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah) setelah haircut.

Istilah umum dalam transaksi margin:

  1. Collateral adalah jaminan rekening Margin yang dapat berupa dana atau saham Margin.
  2. Bunga Margin adalah tingkat suku bunga yang dikenakan kepada nasabah untuk pemakaian Margin atau hutang.
  3. Daftar Efek Margin adalah daftar saham yang dikeluarkan setiap akhir bulan oleh Bursa Efek Indonesia yang dapat ditransaksikan oleh nasabah Margin.
  4. Limit Kredit adalah limit pembiayaan yang nasabah bisa gunakan untuk transaksi Margin.
  5. Rasio adalah perbandingan antara jumlah kewajiban (hutang) terhadap jaminan (collateral).
    Rasio yang harus diperhatikan dalam transaksi margin:
    • Maintenance Ratio : kondisi dimana perbandingan antara kewajiban terhadap jaminan ≤ 50%.
    • Margin Call : kondisi dimana perbandingan antara kewajiban terhadap jaminan berada pada rentang 50% sampai dengan 65%.
    • Force Sell dengan tenggat waktu: Kondisi dimana perbandingan antara kewajiban terhadap jaminan > 65%, sampai pada T+3 rasio harus diturunkan, apabila hingga T+4 rasio tetap >65%, maka akan dilakukan force sell sampai rasio Margin ≤ 50%.
    • Force Sell dengan atau tanpa pemberitahuan: Kondisi dimana perbandingan antara kewajiban terhadap jaminan ≥ 75%.

Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi Customer Care Panin Sekuritas:

Telp: 021-2977-3655

E-mail: care@pans.co.id

Publikasi & Acara Terbaru

14 September 2021

Produk dan Layanan Resmi Panin Sekuritas

Bersama ini kami informasikan kepada Bapak/Ibu produk dan layanan resmi Panin Sekuritas yang memberikan solusi keuangan optimal bagi para Nasabah Panin Sekuritas.

Baca Selengkapnya

24 September 2019

Corporate Social Responsibility - Donor Darah Panin Sekuritas Cabang Pontianak

AYO DONOR DARAH Setetes Darah Anda Sangat Berarti

14 December 2017

Market Outlook 2018 - Medan

Market Outlook 2018

Baca Selengkapnya