Tentang Kami

Tata Kelola Perusahaan

Tata Kelola Perusahaan

Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance/GCG) merupakan dasar bagi aktivitas usaha yang transparan dan sehat. Perseroan berupaya agar implementasi tata kelola perusahaan memenuhi peraturan yang berlaku di pasar modal serta pedoman-pedoman yang telah disusun oleh sejumlah lembaga yang menangani tata kelola perusahaan. Nilai-nilai transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, independensi, serta kewajaran dan kesetaraan harus diimplementasikan dalam setiap jenjang organisasi dan setiap aktivitas usaha. Hal tersebut merupakan komitmen Perseroan untuk mempertahankan kepercayaan nasabah, pemegang saham, pemegang obligasi, mitra bisnis dan stakeholders lainnya.

Pelaksanaan GCG tersebut dilakukan antara lain melalui beberapa hal berikut:

  • Pemenuhan hak-hak pemegang saham;
  • Pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Dewan Komisaris dan Direksi;
  • Kelengkapan dan pelaksanaan tugas Komite Audit;
  • Penerapan fungsi kepatuhan, auditor internal dan eksternal;
  • Penerapan manajemen risiko, termasuk sistem pengendalian internal;
  • Rencana strategis Perseroan; dan
  • Pelaksanaan transparansi kondisi keuangan dan non keuangan perusahaan.

Rapat Umum Pemegang Saham

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) merupakan organ tertinggi dalam struktur organisasi Perseroan. RUPS merupakan wadah bagi pada pemegang saham untuk mengambil keputusan penting berkaitan dengan Perseroan. RUPS memiliki kewenangan antara lain:

  • Memberikan persetujuan atas Laporan Tahunan,
  • Menetapkan penggunaan laba perusahaan,
  • Menunjuk Kantor Akuntan Publik yang akan mengaudit Laporan Keuangan Perseroan,
  • Mengangkat dan memberhentikan anggota Dewan Komisaris dan Direksi,
  • Mengambil keputusan-keputusan penting lainnya sesuai anggaran dasar dan peraturan lainnya yang terkait dengan status atau kegiatan usaha Perseroan

Dewan Komisaris

Sesuai Anggaran Dasar, Dewan Komisaris ditugaskan untuk mengawasi pengurusan Perseroan yang dilakukan oleh Direksi dan memberikan nasihat kepada Direksi. Para anggota Dewan Komisaris diangkat dan diberhentikan oleh RUPS untuk jangka waktu 5 (lima) tahun dan dapat diangkat kembali apabila masa jabatannya telah berakhir.

Direksi

Sesuai dengan anggaran dasar, Perseroan diurus dan dipimpin oleh suatu Direksi. Para anggota Direksi diangkat dan diberhentikan oleh RUPS untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun dan dapat diangkat kembali apabila masa jabatannya telah berakhir.

Rapat Dewan Komisaris dan Direksi

Rapat Dewan Komisaris dan Direksi merupakan rapat yang membahas seluruh aspek kegiatan perusahaan, yang pada akhirnya akan menghasilkan keputusan-keputusan menyangkut tata kelola perusahaan, kinerja dan produktivitas perusahaan, peningkatan efisiensi, dan hal-hal lainnya.

Komite Audit

Komite Audit adalah komite yang ditunjuk oleh dan bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris. Komite Audit terdiri dari pihak-pihak independen dan diketuai oleh Komisaris Independen serta dua anggota lainnya yang berpengalaman dan juga memiliki latar belakang professional sesuai dengan bidangnya masing-masing. Tugas utama Komite ini adalah untuk membantu Dewan Komisaris dalam melakukan pengawasan terhadap tata kelola Perseroan.

Audit Internal dan Kepatuhan

Direksi telah menetapkan kebijakan untuk mengatur fungsi, tugas dan cakupan pekerjaan yang dilakukan oleh Divisi Audit dan Kepatuhan sesuai dengan arahan peraturan yang berlaku. Di dalamnya termasuk tugas untuk menguji mutu serta kehandalan laporan keuangan, kebijakan dan prosedur yang ada, serta untuk memastikan sistem pengendalian internal yang dapat berjalan secara efektif di setiap fungsi, termasuk pengamanan aset perseroan dan kemungkinan terjadinya kebocoran data serta pelaksanaan pemeriksaan rutin dan komprehensif atas tingkat efisiensi operasional Perseroan. Divisi ini diharapkan dapat menjadi salah satu unit pencegah terjadinya Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan pendanaan kegiatan terorisme di perseroan.

Whistle-Blowing System

Sejalan dengan komitmen perusahaan dalam melaksanakan GCG, Perseroan telah mengembangkan kebijakan Whistle-Blowing System untuk mendeteksi secara dini pelanggaran di perusahaan yang dapat menimbulkan kerugian finansial maupun non finansial, termasuk hal-hal yang merusak citra perusahaan. Melalui sistem ini, Perseroan dapat mencegah terjadinya pelanggaran dengan pola pengawasan yang menyeluruh dan melibatkan seluruh pegawai sehingga memberikan rasa aman bagi seluruh pihak yang terkait dengan Perseroan.

Auditor Eksternal

Pengawasan terhadap Perseroan selain dilaksanakan oleh auditor internal juga dilaksanakan oleh auditor eksternal. Sejak menjadi Perusahaan Publik pada tahun 2000, laporan keuangan Perseroan dan Entitas Anak telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik dan memperoleh pendapat wajar, dalam semua hal yang material, posisi keuangan konsolidasian PT Panin Sekuritas Tbk dan entitas anaknya serta kinerja keuangan dan arus kas konsolidasiannya, sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia.

Kode Etik dan Budaya Perusahaan

Dalam melaksanakan aktivitas usahanya, Perseroan berupaya untuk menerapkan kode etik dan budaya perusahaan dalam setiap tingkatan organisasi. Hal ini bertujuan agar lingkungan kerja perusahaan menjadi lingkungan kerja yang profesional, mengoptimalkan seluruh potensi karyawan, dan memberikan kenyamanan kepada seluruh karyawan dan manajemen dalam menjalankan usaha untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sekretaris Perusahaan

Perseroan menyadari pentingnya keterbukaan informasi dan komunikasi yang efektif dengan seluruh pemangku kepentingan. Untuk itu Perseroan telah membentuk Sekretaris Perusahaan yang mempunyai tanggung jawab antara lain:

  • Sebagai penghubung antara Perseroan dengan Otoritas Jasa Keuangan, bursa efek, pemegang saham dan masyarakat,
  • Memberikan pelayanan kepada masyarakat atas setiap informasi yang berkaitan dengan kondisi Perseroan,
  • Mengikuti perkembangan pasar modal khususnya peraturan-peraturan yang berlaku di bidang pasar modal, serta
  • Memberi masukan kepada Direksi dalam mematuhi ketentuan pasar modal.
  • Membantu Direksi dalam hal tata kelola dan tanggung jawab sosial perusahaan.

Prama Nugraha | Sekretaris Perusahaan

Menjabat sebagai Sekretaris Perusahaan sejak tahun 2005. Memiliki izin perorangan dari Bapepam-LK sebagai Wakil Penjamin Emisi Efek dan Wakil Manajer Investasi. Warga Negara Indonesia, lahir pada tahun 1974. Menyelesaikan pendidikan di Universitas Trisakti Jakarta, jurusan Teknik Industri pada tahun 1998 dan Magister Manajemen Universitas Indonesia pada tahun 2001. Memulai karirnya di pasar modal pada tahun 2000 sebagai Corporate Finance Officer di PT Panin Sekuritas Tbk. Pada tahun 2004 diangkat sebagai Manager Corporate Finance.

Media Penyebaran Informasi

Perseroan sebagai sebuah perusahaan publik memiliki tanggung jawab dalam menyampaikan informasi mengenai perkembangan usahanya, baik kepada otoritas pasar modal, investor maupun masyarakat umum. Untuk itu Perseroan telah menggunakan berbagai akses penyebaran informasi. Panin Sekuritas memiliki situs www.pans.co.id, dimana dapat diakses berbagai informasi mengenai Perseroan termasuk profil perusahaan, laporan keuangan, siaran pers serta jenis layanan dan produk. Informasi Perseroan juga dapat diakses melalui situs Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) dimana Perseroan selalu menyampaikan informasi terbaru. Publikasi laporan keuangan telah dilakukan setiap tiga bulan melalui situs Perseroan dan Bursa Efek Indonesia, serta setiap enam bulan melalui surat kabar. Perseroan secara rutin melakukan publikasi di media masa guna meningkatkan pemahaman publik mengenai berbagai produk dan prestasi Perseroan. Informasi lebih lanjut mengenai perkembangan usaha dapat diperoleh melalui Sekretaris Perusahaan, sementara informasi mengenai jenis layanan dan produk dapat menghubungi divisi Layanan Nasabah dan Pemasaran.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Perseroan sebagai perusahaan publik maupun perusahaan efek memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat yang telah berperan bagi pertumbuhan perusahaan. Perseroan dan Panin Asset Management (“PAM”) telah melakukan berbagai macam kegiatan sosial, baik program edukasi pasar modal maupun program kemanusiaan. Meningkatkan edukasi masyarakat terhadap pasar modal, khususnya investasi di saham dan reksa dana, merupakan kegiatan yang menjadi prioritas Perseroan untuk mencerdaskan masyarakat Indonesia. Perseroan dan PAM berkomitmen untuk mendukung program Literasi Keuangan yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”).

Publikasi & Acara Terbaru

18 September 2017

Perubahan Kebijakan RDN Bank Panin

Sehubungan dengan perubahan kebijakan dari Bank Panin mengenai RDN, dengan ini diinformasikan beberapa perubahan antara lain:

15 September 2017

PUBLIC EXPOSE - PENAWARAN UMUM PERDANA SAHAM PT MALACCA TRUST WUWUNGAN INSURANCE TBK

PT Malacca Trust Wuwungan Insurance (Perseroan) yang didirikan tahun 1952 dengan nama PT Asuransi Wuwungan merupakan salah satu perusahaan asuransi umum tertua di Indonesia.

Baca Selengkapnya

13 July 2017

Pameran Panin Sekuritas di Gading Wedding Fair

Kunjungi booth pameran Panin Sekuritas dan rencanakan investasi untuk persiapan hari spesial Anda. Dapatkan juga promo dan merchandise menarik HANYA selama pameran.

12 July 2017

PENAWARAN UMUM PERDANA SAHAM PT MARK DYNAMICS INDONESIA Tbk

Jakarta, 12 Juli 2017 –PT Mark Dynamics Indonesia Tbk (“Perseroan”) merencanakan akan melakukan Penawaran Umum Perdana Saham sebanyak-banyaknya 160.000.000 (seratus enam puluh juta) saham biasa

Baca Selengkapnya